Monday, October 10, 2016

Susah Hidupkan Mobil,


Susah Hidupkan Mobil, Bukan Bearti Aki Soak


Apakah Anda salah satu pengendara mobil yang sering mengalami masalah saat menyalakan mobil atau stater ? 
Terkadang sudah menghidupkan mobil terjadi saat mesin panas Padahal sebelumnya stater mobil tidak
apa – apa saat mesin masih dingin.  Ini sebenarnya bukan sebuah hal yang aneh, karena memang kelistrikan mobil dapat mengalami masalah secara tiba-tiba tanpa sebelumnya disertai dengan tanda-tanda akan mengalami kerusakan. Terlebih jika pemilik mobil tidak rajin merawat kondisi mobil.

Jika timbul pertanyaan, kenapa tiba-tiba mobil saya bisa sulit di starter ya?.., sebenarnya banyak faktor yang bisa menyebabkan hal itu terjadi, bisa karena faktor kerusakan dari sistem kelistrikan ataupun dari kerusakan komponen mesin yang sifatnya sangat kompleks.  
Beberapa orang keburu menafsirkan masalah ini adalah karena aki yang soak dan mengganti aki mobil. Namun tidak selalu melulu kesalahan di aki, kerusakan juga bisa terjadi pada dinamo starter. Dikutip dari kompas.com, Dite Agung, mekanik Yahya Motor di kawasan Jati Kramat, Bekasi, mengatakan bahwa gejala kerusakan dinamo starter dan aki soak memang mirip.
”Kalau aki yang soak biasanya mobil tidak mau distarter terus-menerus, pagi, siang, malam. Harus ada analisa lanjutan untuk menentukan kerusakannya,” ujar Dite.
Aki memang merupakan sumber dari kelistrikan pada mobil yang sangat mempunyai pengaruh besar terhadap suplai arus listrik, bagian ini yang harus pertama kali di cek kondisinya jika mobil menunjukkan ada masalah suplai arus listrik. Kalau aki (accu) mobil sudah terlihat kurang cairan dan umur aki sudah lebih dari 2 tahun juga bisa menyebabkan aki tekor dan tidak kuat mengalirkan arus untuk starter mesin mobil. Periksa juga kabel kutub pada aki, jika kotor karena kerak ataupun jamur dan soket kepala aki kendor bisa membuat aliran listrik mobil terganggu. 
Aki yang rusak, tekor, atau soak, ditandai dengan mobil yang tidak bisa dihidupkan pada pagi hari. Nah untuk  mobil dengan transmisi manual, didorong dan mobil hidup, lalu mesin panas, dan ketika dimatikan lagi, mobil gampang dihidupkan lagi.
”Berarti proses pengisian setrum masih normal. Aki sudah pasti soak. Cara mengetes lainnya, di malam hari, pantulkan sorot lampu ke tembok saat mesin menyala. Kalau digas lampu terang, dan kembali redup saat stasioner. Salah satu tanda juga aki soak,” ucap Dite.
Nah, sebaliknya  jika dinamo starter yang rusak, mobil biasanya akan  mudah dinyalakan saat mesin dingin. Namun saat dalam keadaan mesin panas, susah menyalakan mobil, walhasil pemilik mobil harus menunggu temperatur kembali dingin untuk menyalakannya kembali.
Bila dynamo starter rusak biasanya saat kunci kontak diputar hanya terdengar bunyi ck..ck. Segera perbaiki atau diganti dengan yang baru. Kerusakan juga bisa terjadi pada gear dinamo starter yang rusak, tandanya jika terdengar suara dinamo berfungsi namun hanya terdengar lepas / los sehingga tidak dapat menghidupkan putaran mesin. 
Kerusakan ini biasanya terjadi karena bendix, atau arangnya habis, selain itu hal ini juga dapat terjadi karena ada masalah pada gulungannya.

Load disqus comments

0 komentar