Transmisi manual pada Toyota Sienta memiliki enam percepatan. Bagi penikmat kendaraan roda empat yang sudah familiar, mungkin tidak akan kesulitan mencari gigi mundur pada transmisi semacam ini. Tapi, bagi Anda yang newbie
untuk masalah mobil, berikut ini cara mencari gigi mundur.
untuk masalah mobil, berikut ini cara mencari gigi mundur.
Biasanya, transmisi manual hanya memiliki lima percepatan dengan gigi mundur (R) berada di pojok kanan bawah. Gigi mundur letaknya tepat di bawah gigi kelima. Tetapi, pada enam percepatan milik Sienta, Anda justru akan menemukan gigi keenam di bagian paling bawah sisi kanan.
Gigi mundur pada transmisi enam percepatan berada di pojok kiri atas, disebelah gigi satu. Tak perlu khawatir, cara mengoperasikan gigi mundur tidaklah sulit. Pada tuas transmisi, terdapat ring yang menyerupai cincin, posisikan jempol tangan kiri di atas tuas, sementara jari telunjuk dan tengah diletakkan melingkari cincin tadi.
Tarik cincin ke atas, lalu geser tuas ke arah kiri hingga mentok dan arahkan ke ujung atas. Jika sudah melakukan persis seperti langkah-langkah diatas, dijamin MPV Sienta Anda akan berjalan mundur. Bila Anda ingin menjalankan Sienta ke depan, atau ingin pindah ke gigi satu, turunkan tuas dari posisi R kemudian diarahkan sesuai kebutuhan Anda.
Kemudahan yang diberikan Toyota dalam mengoperasikan kendaraan roda empat selalu menjadi salah satu alasan membeludaknya permintaan pasar atas mobil-mobil Toyota. Ditambah dengan kecanggihan dan kelengkapan, seperti yang ada pada Toyota Sienta, Anda tak akan menyesal memiliki mobil multi guna seperti Sienta.
Sejak dipasarkan di pasar otomotif Indonesia, Toyota Sienta sukses menarik hati para penikmat kendaraan roda empat. Sienta ini menarik perhatian dikarenakan sudah terlengkapi dengan transmisi 6-percepatan sehingga jadi lebih efisiensi bahan bakar maksimal serta lebih membekali para pengendara roda empat di Indonesia ini. Di Indonesia ini para pengendara roda empat sangatlah suka dengan mobil manual, dan Toyota Sienta ini cocok sebagai pelengkap bagi pengendara tersebut.
Transmisi yang terdapat dalam Sienta ini telah dimodifikasi dengan mesin 2NR-FE dan dirakit di pabrik Toyota Motor Manufacturing Indonesia ( TMMIN) Karawang – Jawa Barat. Di dalamnya terdapat silinder 1.497 cc, 4 silinder, 16 valve, DOHC, serta Dual VVT-i.
Transmisi ini mempunyai daya yang sudah mencapai 107 PS dalam putaran 6.000 rpm, torsi maks. 14,3 Kgm, di 4.200 rpm. Hasilnya ialah getaran dalam mobil menjadi lebih kecil dan bisa memberikan fasilitas kenyamanan bagi penumpang di dalamnya. Selain membawa dampak positif ternyata dengan adanya transmisi manual ini kabin di mobil Sienta lebih sempit. Letak tuas transmisi manual maupun CVT terletak di bawah atau bisa dibilang diantara jok pengemudi dan penumpang depan.
Mengapa dibilang sempit? Karena lokasi tuas transmisinya menyambung dengan dasbor dan juga hand rem terletak di dekat tuas transmisi. Mesin ini sangat cocok sekali dengan Toyota Sienta yang menggunakan 1.5L 2NR-FE.
0 komentar